Minggu, 30 Juni 2013

What is Nyesekk ?? (thesis 1)


          Dalam kehidupan sehari-hari yang udah bercampur dengan globalisasi ini kita sering kali mendengar istilah “nyesek”, namun nyesek yang akan kita pelajari disini bukanlah nyesek karena sesak napas asma ataupun penyakit jantung, namun lebih ke nyesek yang beredar di kalangan  keduniaan anak muda jaman sekarang, yaitu nyesek karena cinta (ajiaah). di sekeliling kita, ada banyak orang yang menyebutkan kata “nyesek” tapi sama sekali tidak mengetahui secara pasti apa itu nyesek sebenarnya, hal ini tentu saja menjadi sebuah permasalahan yang patut ditetaskan agar kehidupan ke nyesekan di khalayak umum khususnya di sekolah lebih bermutu . sebagai seorang intelek (jiaaahh :P) ane bercita-cita menjadi seorang dokter yang dapat bermanfaat bagi orang banyak, karna akhir-akhir ini wabah nyesek tampaknya mulai tak terkendali, ane mencoba  mengambil dan mendalami kedokteran jurusan nyeseklogi, yaitu sebuah ilmu yang mempelajari tentang nyesek dan segala sesuatu yang berkaitan dengan nya. Dan berkat tesis ane yang berjudul “what is nyesek” ini, ane dapat lulus dari keilmuan nyeseklogi dengan nilai A+ dan lulus dengan gelar Sp.N (baca : spesialis Nyesek) sehingga nama ane sekarang menjadi Dr. Sara Ashari Sp.N. lengkap dengan title baru ane.

            Berdasarkan penelitian yang udah ane lakuin dalam proses penulisan tesis ane, ada  beberapa fakta menarik tentang nyesek. Fakta-fakta ini kadang bahkan membuat ane geleng-geleng dan angguk-angguk sendiri ketika pertama kali meyimpulkannya, fakta-fakta nan ilmiah ini ane dapetin dari wawancara dengan nyesek-ers (sebutan untuk kaum nyesekdi kalangan remaja), pengamatan secara langsung, dan mendengarkan berita-berita yang berkembang di masyarakat seputar nyesek (baca : nguping). Setidaknya ada dua fakta penting yang ane bisa simpulin dari penelitian yang menguras tenaga dan fikiran ini, diantaranya :

1.       Nyesek dekat dengan para jombloers
Satu dari tiga fakta yang ane dapatin adalah bahwa nyesek dekat dengan para jombloers, hal ini tentu menjadi berita buruk bagi para jomlo yang suka rela atau pun terpaksa menjadi seorang jomblo. Dikatakan dalam tesis ane, orang yang sedang menjomlo berkemungkinan 80% lebih banyak terserang virus nyesek daripada orang yang udah punya pacar alias pacaran. Hal ini umumnya terjadi ketika di hati para jombloers timbul ke-iri-an untuk memiliki dan menjalani hal yang sama dengan orang yang berpacaran. 
 Banyak hal yang menyebabkan timbulnya kenyesekkan diantara jombloers sehingga akhirnya berakibat timbulnya ke nyesek-an di diri mereka masing-masing, timbulnya virus penyebab ke nyesekkan” ini tidak terlepas dari faktor sejarah dan ideology yang berbeda-beda, untuk faktor sejarah misalnya, banyak jombloers yang terlahir dari sejarah percintaan yang buruk : diselingkuhin, di duain, di tigain, di empatin, di lima in, di (aihh,, hitung ndiri dehh) , selain itu perlakuan “mantan” pacar yang tidak menyenangkan di saat – saat terakhir putusnya tali cinta kasih diantara mereka kadang-kadang menimbulkan denyut-denyut iri yang berlanjut ke ke galauan dan naik tingkat menjadi nyesek tergantung situasi dan kondisi.

   Liat temen punya pacar yang setia misalnya (a.k.a selingkuh tiada akhir) -_-‘ jadi teringat sama mantan dulu, “dulu mantan gue gitu buanget sama gue, tiap hari bb-in, teleponin, sms-in.. tapi sekarang, ngubungin gue aja gak pernah, fiuuuh..” fikiran-fikiran seperti itu tentu dengan sekejap akan menggerogoti  isi otak para jomloers korban kekejaman sang mantan sehingga menimbulkan efek galau dan akhirnya timbullah nyesek.
Lain hal nya dengan kasus yang sering terjadi akhir-akhir ini dimana dari grafik penderita jomblo hasil audit lembaga jombloers Indonesia membuktikan bahwa 3 dari 1 penderita jomblo adalah karena mengalami apa yang dikatakan “habis manis sepah dibuang” oleh sang mantan, manusia memang kejam saudara saudara, seperti layaknya lagu rhoma irama :
“kau yang memulai kau yang mengakhiri
“kau yang berjanji kau yang mengingkari
    someday temen ane yang wajahnya mirip buanget sama kucing (entah dia siluman kucing atau emang dia terlahir dari rahim seekor kucing) bercerita ke ane, “manusia itu bisa berubah dengan cepat, dalam satu hari, satu jam bahkan satu detik pun, dan ketika perubahan itu terjadi gak ada satu pun yang bisa merubahnya kecuali tuhan dan orang itu sendiri”. Siapa juga yang gak nyesek mengingat betapa manisnya seseorang ketika mereka membutuhkan kita, lalu tiba-tiba tersadar bahwa itu semua kini berbalik, orang itu udah pergi, dan gak pernah pergi dengan baik-baik, belum lagi semua kebohongan yang udah dia lakuin ke elu yang bener-bener bikin hati lu hancur, lalu setelah itu lu dengan mata kepala sendiri (ya iyalah! Masa punya orang!!) melihat betapa baiknya dia ke orang lain, betapa dia terlihat peduli terhadap perempuan lain, mantan elu yang selalu jahatin elu ternyata baiiik banget sama cewek lain, dan berkencan dengan temen lu, menggenggam tangannya di hadapan elu brew! 
Then you should say nothing but speechless…
Sejarah yang menyedihkan sometime membuat kamu miris ketika musti menyadari kenyataan bahwa semua berakhir, kini lu sendiri menghadapi kenyesekkan tiada tara akibat selalu teringat kenangan-kenangan terakhir bersama mantan lu dan segala perbandingannya, yang tentu aja terlalu nyesekk buat diceritakan.
            Sejarah itu juga yang menimbulkan ideology “kesendirian” dalam diri para jombloers sehingga menceburkan diri mereka dalam kolam ke nyesekkan, sungguh kejam dunia percintaan itu bung!

That’s why nyesek deket banget dengan para jombloers karena mereka terlalu rentan untuk hal-hal yang berbau cinta-cinta an dan umumnya perasaan para jombloers itu tipis  setipis kaca sehingga mudah pecah apabila di banting. (Ingat, barang pecah tidak termasuk garansi!)

Untuk para jombloers pengidap nyesek kronis, segeralah berobat ke Dr. Sara Ashari Sp.N, . Dijamin kenyesekkan anda akan lebih bermutu! (harga bisa nego).

2.      Nyesek dapat menular
Bagaikan hantu, nyesek itu datang dan timbul gitu aja dalam diri manusia, tak ada angin, tak ada topan, tak ada semburan kentut dari bokong-bokong yang gatal, nyesek dapat datang dengan tak menyenangkannya dan mengubah mood dalam sekejap saja.  Nyesek sendiri adalah suatu penyakit berbahaya yang bila di biarkan akan dapat menimbulkan komplikasi dalam diri penderitanya. Berikut cirri-ciri orang yang sedang mengidap nyesek :
a.      Mata cekung dan timbul kantung mata berwarna hitam lebam di bawah mata, hal ini disebabkan bahwa nyesek dapat menimbulkan gejala susah tidur atau insomnia karna tak henti-hentinya memikirkan orang tertentu. (wow)
b.      Tatapan sendu dan mata berair. Pada kasus tertentu, nyesek dapat menekan syaraf pengatuur air mata hingga menjadi bocor sehingga timbullah seajenis hasrat ingin nangis setiap kali nyesek menyerang. (gawaat!!)
c.       Tubuh lemas, lesu, dan lunglai. Orang  yang terkena penyakit nyesek umumnya merasakan kemelowan luaaar biasa di dalam dirinya sehingga geraknya menjadi lambat dan lemas bagaikan siput di antara rumput. -_-‘ (omaigot)
d.      Hari-hari dipenuhi galau tingkat dewa. Galau sendiri adalah kebingungan untuk memilih satu diantara dua, galau mau makan apa hari ini, mau ke mana hari ini, bahkan bingung dimana simpang menuju rumah sendiri, ujung-ujungnya kesesat lu! (itu mah De El)
Jika gejala-gejala itu terus berlanjut, biasanya akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari, pola piker juga berubah karenanya, kalau dulu elu adalah orang yang suka tertawa dan gokil abis, siap-siap aja jadi zombie di sekolah atau dimanapun kamu berada, ibarat kata tuh, kamu bagaikan “hidup segan mati tak mau”. 
Hal yang mengerikan selain menjadi zombie bagi someone yang mengidap nyesek kronis adalah bahwa kenyesekkan itu akan mempengaruhi orang-orang disekitarnya. Di kalangan remaja eksis seperti gueh dan eluh cekarang, nyesek dapat menyebar luas dengan cepat meskipun jika elu bukanlah seorang jomblo yang hatinya lembut selembut permen kapas, pasalnya dengan mendengarkan curhat dari temen lu yang terserang nyesek, lu bakal punya sejenis anggapan bahwa perbuatan salah sekecil apapun yang dilakuin pasangan lu adalah invasi penyesekkan untuk lu, jadi sejenis alay nyesek gitu. 

Misalnya pacar gak balas sms sehari aja, besoknya udah nunjukin gejala nyesek, pacar smsan sama cewek lain yang ternyata adeknya aja udah nyesek, kan repot tuh, karna nyesek aja jadi malas belajar, malas ngapa-ngapain, padahal misalnya dalam waktu sekian bulan lagi bakalan ada ujian Nasional yang paketnya sebanyak jumlah murit satu kelas! bayangkan gimana nasip bangsa dan Negara jika penerus-penerus bangsanya di masa kelak malah sibuk tenggelam atau menenggelamkan diri dalam kenyesekkan tiada akhir? 
  
Sebagai pelajar, kita tuh musti focus sama cita-cita dan tujuan kita untuk meneruskan perjuangan  para pahlawan yang telah mendahului kita! Bukannya malah main-main dengan pelajaran dan ngomongin hal yang gak penting seperti ini! lagian ini apa sih? Siapa sih yang mulai topic ini? gak bermutu banget! Harusnya dia lebih memfokuskan diri untuk membimbing para pelajar kea rah yang benar,! Blog macam apa sih ini!!

Anyway, back to nyesek (hahahaha :D), itulah 2 fakta yang umumnya ditemui di dunia keremajaan tentang nyesek . fakta menarik lainnya tentang masalah di dunia keremajaan akan di bahas di page berikutnya secara lugas, terpercaya dan actual (mirip slogan apaaa gitu yah ??), so don’t miss it.
Jika elu jombloers dan elu mengidap penyakit nyesek kronis, ada satu obat yang dapat menyembuhkan total nyesek lu. “MOVE ON”
-tapi yang ngomong pun juga belum bisa mup_on tuh-

 

“love might be end up as the time’s going on, but life will not. So keep looking forward and see how beautiful your dreams will be. Six letter, easy to say, hard to follow, need to do when a heart is broken ~ ‘MOVE ON’ “

(Dr. Sara Ashari Sp.N)

Salam nyesek!!

 

Ini adalah saat ternyesek versi temen-temen sekelas ane (berdasarkan wawancara dengan penodongan langsung) :

v  NYESEK adalah ketika lu cinta sama orang tapi orang itu gak cinta sama lu

v  NYESEK adalah ketika elu sedang asyik ngobrol bersama pacar tapi tiba-tiba aja keinget mantan

v  NYESEK adalah ketika mantan lu udah berhasil move on dan nemuin pacar baru sementara elu masih ngenes nangis-nangis tiap kali denger lagu someone like you nya adele

v  NYESEK adalah saat meliat cowok yang kita sayangi jalan bareng cewek yang lebih tua, apalagi kalo ceweknya nenek-nenek, serasa nyesek banget kalo dianggap lebih jelek daripada nenek-nenek sama cowok itu. => Marbuun

v  NYESEK  adalah saat kantong bolong tak terkira ditambah ketek pun juga ikut-ikutan bolong . => cho_mek

v  NYESEK adalah saat menyadari bahwa di dunia ini gak ada satupun teman yang setia dihidup aku. (T-T) =>tante rini

v  Waktu paling NYESEK buat gue, adalah saat disukai anak cewek yang jelek-jelek. =>Ahmad Kasihan

v  NYESEK adalah saat rumah lagi kebanjiran >.< . =>TuYul

v  Waktu ternyesek?? Hmm.. kapan yaaa?? Apaa yaaaa?? (mikir dulu sekian jam lamanya) oke!! Jadi waktu terNYESEK bagi akuh waktu…. Hmmm… kasih tau gak yaaaa?? (gubraaaak!!!!). => Asih

v  Saat paling meNYESEEKKan adalah ketika lu dibilang playboy tapi kenyataannya lu bahkan gak punya satu pacar pun buat diselingkuhin. => Ahmad Kasihan

v  Saat paling menyesekkan adalah ketika temen yang lu percaya banget tiba-tiba ja berbalik ngianatin elu Cuma gara-gara sebuah tugas buat perbaikan nilai => Ovi

 

Posting Komentar